Monday, February 4, 2013

Mozilla Firefox

Awalnya bernama Phoenix, dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird, adalah aplikasi penjelajah web antarplatform bersifat gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla, dan ratusan sukarelawan.
Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. 
Kelebihan
1. One-Click Bookmarking
Bookmark, mencari dan menata atau mengorganisir Web site dengan cepat dan mudah.

2. Instant Web Site ID
Menghindari penipuan online, transaksi tidak aman, dan penipuan semua itu dapat di lakukan dengan mudah melalui fitur site identifikasi.
3. Improved Performance
Melihat website dengan lebih cepat, menggunakan sedikit dari kapasitas memori anda.
4. Full Zoom
Menyaksikan halaman manapun dari sebuah halaman web, up close dan yang terbaca dalam hitungan detik.
5. Password Manager
Dapat mengingat password situs tanpa perlu melihat sebuah jendela pop-up.
6. Smart Location Bar
Menemukan situs favorit dalam hitungan detik – masukan istilah yang cocok pada address bar anda.
7. Platform-Native Look & Feel
Browsing dengan Firefox yang terintegrasi dengan sistem operasi komputer anda.
8. Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user.
9. Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia. Updatenya mudah.
10. Lebih Secure. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet explorer adalah sasaran utama para hacker baik yang amatir maupun yang sudah profesional.
11. Ada Multi Browser Tab. Kita bisa membuka banyak jendela dari sebuah browser firefox aktif. Hal ini tidak kita jumpai pada IE, sehingga kita harus membuka banyak IE jika mau membuka banyak jendela. Tak heran kita sering membentuk tumpukan taskbar yang sangat membingungkan. Hal ini tidak terdapat pada firefox.
12. Mudah Digunakan. Untuk membuka window baru untuk berselancar kita tinggal dobel klik (klik dua kali) pada bagian tab yang kosong (di bawah menu navigasi di bagian atas jendela). Untuk menutupnya kita tinggal memencet tombol scroll pada mouse anda (bila ada) pada window tab yang ingin kita close. Sedangkan untuk memilih jendela tab, kita tinggal memencet klik kiri pada tab yang ingin kita aktifkan atau lihat.
13. Download lebih enak. Kita bisa menyetop download yang sedang berjalan dan melanjutkannya di lain waktu yang disebut dengan fitur “resume”, namun tidak semua download dapat melakukan resume. Lalu download juga digabungkan menjadi satu jendela yang berbeda halnya dengan IE yang downloadnya terpisah-pisah dan harus membuka satu taskbar per jendela download yang aktif.
14. Lebih Cepat. Menurut orang-orang yang lebih expert firefox lebih kencang dalam berselancar dibandingkan dengan IE.
15. Banyak yang menyukai Mozilla Firefox, karena aksesnya yang lumayan enteng. Performanya juga bagus, kecepatan browsingnya cepat. Tampilannya juga mantap.
16. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB
17. Dalam hal keamanan, browser Mozilla Firefox merupakan yang terbaik. Bila ada celah sedikit saja, dalam waktu beberapa hari, developer akan segera memperbaikinya.
18. Bagi sering menggunakan e-payment seperti Klik BCA, Paypal, Liberty Reserve, dan lainnya, FireFox adalah pilihan terbaik.
19. Gratis. Semua orang pasti cinta yang gratisan, nah download FireFox itu juga demikian, tidak perlu membeli.
20. Fasilitas Add-ons yang memukau. Ini adalah fitur terbaik FireFox yang tidak dimiliki browser lainnya, yaitu netter bisa menambahkan Add-ons ke dalam browser. Add-ons FireFox sendiri sangat banyak. Yang biasa dipakai orang antara lain Download Manager, Download Video (bisa download video Youtube), safe search (mencegah masuk ke situs yang tidak benar). Tapi harap diingat, jangan terlalu banyak instalasi Add-ons yang tidak berguna karena bisa memberatkan browser, cukup yang dipakai saja.
Kekurangan
  1. Kekurangannya Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall.
  2. Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal.
  3. Mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
  4. Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
nstalasi plug-in tidak semudah pada IE, misalnya untuk menginstal Flash Player, Shockwave, Java Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis). Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi Microsoft secara online, misalnya aktivasi Microsoft Reader. 

Source: http://definisinternet.blogspot.com/2012/03/definisi-mozilla-firefox.html

No comments:

Post a Comment