Thursday, January 24, 2013

Shinkansen - Kereta Tercepat Jepang

Shinkansen, merupakan kereta tercepat di Jepang. Shinkansen dioperasikan oleh 4 perusahaan grup Japan Railways.

Shinkansen merupakan sarana angkutan utama antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatannya mencapai 300Km/Jam.

Shinkansen dibuka pada tgl 1 Oktober 1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo. Jalur ini sukses, melayani 100 Juta penumpang dalam waktu kurang dari 3 tahun. Shinkansen melayani sekitar 1 Milyar penumpang pada tahun 1976.

Pada awalnya Shinkansen dari Tokyo ke Osaka-shi (515,4 Km) memakan waktu kira - kira 4 jam. Pada tanhun 1992 Shinkansen model baru 'Nazomi' dapat m
enghasilkan 270 Km / Jam, sungguh waktu yang sangat singkat. Rancangan penggunaan landasan kereta api linier motor car pada abad ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkansen.

Tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian Shinkansen sejak sekitar 40 tahun yang lalu. Namun ada beberapa orang terluka dan satu kefatalan dikarenakan pintu yang menjepit penumpang atau barang mereka. Selain itu ada beberapa percobaan bunuh diri oleh penumpang. Karena itu beberapa stasiun telah memasang pagar pelindung. Meskipun begitu tetap saja ada percobaan bunuh diri oleh penumpang yang memanjat pagar pengaman tersebut.

Untuk menghadapi gempa bumi, kereta ini dilengkapi dengan sistem pendeteksian yang akan mengentikan kereta apabila terjadi gempa bumi. Pada gempa bumi Chuetsu, Oktober 2004, sebuah Shinkansen yang dekat dengan pusat gempa lepas dari rel-nya, tapi tidak ada satupun orang yang terluka. 




No comments:

Post a Comment